IGORNAS Sukses Gelar kejuaraan Cabang DBON Tahun 2022

Bertempat di Stadion David-Tony kec. Limboto  Kabupaten Gorontalo,  ikatan guru olah raga nasional (IGORNAS) provinsi gorontalo menggelar kegiatan kejuaraan cabang DBON. 01-03 desember 2022

 “pada Kejuaraan Olahraga ini, yang dilombakan terdiri dari 4 Cabang olahraga dari 14 cabang yang ditetapkan dalam DBON (desain Olahraga Nasional). 




Adapun Diantaranya adalah cabang olahraga Atletik (Hot Sprint), Bulu Tangkis, Panahan, dan cabang olahraga Karate. Ungkap Ketua Umum IGORNAS Provinsi Gorontalo, Mohamad Citra Yahya

Citra yang juga bertugas sebagai Kepala Sekolah aktif di SMP Neg. 4 Monano Gorontalo Utara, menambahkan “kami menilai bahwa 4 cabang lomba yang lombakan saat ini adalah cabang olahraga yang bisa dibilang cukup bergengsi karena kemampuan olah potensi ini sangat banyak peminati dan juga bisa dibilang bergengsi dan tidak kalah saying potensi lokal kita dilevel Nasional dan Manca Negara, hanya saja ini butuh proses. Tegas Ketua Igornas Provinsi Gorontalo.

Hal lainya, kata Ketua Citra kepada Pimpinan Daerah Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu; bahwa jenis dan mekanisme lomba ini diselenggarakan atas kerja sama semua pihak. 

di Rumah Dinas Bupati yang beralamat di Blok Plan Gorut baru-baru ini, ketua dan pengurus lainnya diberi wejangan dan dukungan sepenuhnya terhadap langkah-langkah strategis pengurus terhadap keseriusan serta kepedulian pengurus sehungan dengan keikut sertaan Gorontalo Utara diajang ini.

Thariq Modanggu, Bupati yang dikenal dengan sapaan Si-Ceria ini, menuturkan bahwa; 

“Kedepan yang akan bertahan dan mampu berkonstribusi sebagaimana seleksi alam di zaman digital saat ini, adalah diantaranya; bagi kita-kita yang peduli akan potensi lokal daerah, Nasional bahkan mampu melirik peluang peluang internasional, 

baik itu dari segi penyesuaian dan pemahaman kita terhadap konsep kebijakan pendidikan dan atau giat ektrakurikuler sebagaimana yang di gagas oleh teman-teman pengurus saat ini” tegas Bupati Thariq Modanggu.

Diruang yang berbeda, Kadis Pendidikan Gorontalo utara  Irwan A. Usman, M.Pd yang turut mengdiri kegiatan tersebut mengungkapkan “ peran guru olahraga sangatlah penting, sebab  para guru dibidang olahraga merupakan salah satu ujung tombak dari proses penjaringan potensi Olahraga para generasi muda. 

Merekalah  yang paling dekat dan memahami kondisi dan potensi para siswa. Terang Kadisdik Irwan,

Olehnya; “saya berharap melalui kejuaraan ini, khususnya di Gorontalo Utara, kita dapat membangkitkan Kembali semangat olahraga pada diri siswa yang sudah 2 tahun kemarin terhambat oleh adanya pademik. Semoga kegiatan ini dapat melahirkan atlit muda Gorontalo khususnya dapat memotivasi para pecinta giat dibidang olehraraga sehingga diharapkan dapat pila bersaing di event-event nasional nanti”. Tutup Irwan saat diwawancarai awak media Disdik.